KONSEP DASAR IPA II

LAPORAN HASIL PENGAMATAN FOTOSINTESIS

unib warna

DI SUSUN OLEH :

KELOMPOK

1.DEWINA CAHAYA NINGSIH

2.GITA MEYLINDA SARI

3.PURWANTO

4.SISKA DEWI

SEMESTER III KELAS A

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS BENGKULU

2010

LAPORAN KEGIATAN

Tumbuhan Hijau Mampu Membuat Makanan

Judul Kegiatan (1) : Tumbuhan membutuhkan air dan unsur hara untuk membuat makanan

Tujuan : Mahasiswa dapat menyimpulkan tumbuhan membutuhkan air dan unsur hara untuk membuat makanan berdasarkan hasil pengamatan di kebun sekolah.

Alat dan Bahan :

1. Empat buah gelas plastik

2. Dua gelas tanah tandus

3. Dua gelas tanah gembur

4. 20 biji kacang hijau

5. Air

Petunjuk Kegiatan : (Pada lembar kegiatan mahasiswa IV)

Tabel hasil Pengamatan :

Biji Kacang pada gelas

Pertumbuhan akar

Pertumbuhan batang

Pertumbuhan Daun

A

10 cm

17 cm

1,5 cm

B

2,1 cm

0,75 cm

0,75 cm

C

13,5 cm

21,5 cm

2,2 cm

D

14 cm

16,5 cm

1,5 cm

Pertanyaan/permasalahan:

1. Pada gelas manakah biji kacang hijau dapat tumbuh paling bagus, mengapa demikian?

Biji kacang hijau dapat tumbuh paling bagus pada gelas C. hal itu dapat terjadi karena air unsur hara dan air yang mempengaruhi pertumbuhan pada tanaman sehingga tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

2. Pada gelas manakah biji kacang hijau tidak dapat tumbuh dengan bagus, mengapa?

Biji kacang hijau yang tidak dapat tumbuh dengan baik adalah pada gelas A, karena pada gelas A kondisi tanah yang tandus dan tidak diberi air sehingga pada gelas A menjadi tidak dapat tumbuh dengan baik.

3. Menurut kelompok kalian, lebih penting air atau unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk fotosintesis?

Air dan unsur hara merupakan komponen penting bagi tumbuhnya tanaman. Namun di antara kedua tersebut yang paling penting adalah air karena dari hasil penelitian, tanah tandus yang memiliki sedikit unsur hara dapat menjadi medium tumbuh yang baik bagi kacang dengan ditambah air. Karena bahan penting untuk proses pertumbuhan tumbuhan adalah air. Air yang menjadi sumber fotosintesis bagi tumbuhan serta bahan penyusun makanan.

Judul Kegiatan (2) : Tumbuhan membutuhkan cahaya untuk membuat makanan

Tujuan : Mahasiswa dapat menyimpulkan tumbuhan membutuhkan cahaya matahari untuk membuat makanan berdasarkan hasil pengamatan di kebun sekolah.

Alat dan Bahan :

1. Empat buah gelas plastik

2. Dua gelas tanah tandus

3. Dua gelas tanah gembur

4. 20 biji kacang hijau

5. Air

Petunjuk Kegiatan : (Pada lembar kegiatan mahasiswa IV)

Tabel hasil Pengamatan :

Biji Kacang pada gelas

Pertumbuhan akar

Pertumbuhan batang

Pertumbuhan Daun

A

10 cm

17 cm

1,5 cm

B

11,5 cm

18 cm

1,75 cm

C

13,5 cm

21,5 cm

2,2 cm

D

14 cm

22 cm

2,5 cm

Pertanyaan/permasalahan:

1. Pada gelas manakah biji kacang hijau dapat tumbuh paling bagus, mengapa demikian?

Pertumbuhan yang paling bagus adalah pada gelas C sedangkan pertumbuhan yang paling cepat adalah pada gelas D. Pada gelas C dikatakan paling bagus karena tumbuhan terlihat segar dan hijau, namun pada gelas D walaupun pertumbuhannya cepat hanya saja tumbuhan terlihat pucat dan tidak segar. Hal ini dikarenakan oleh pengaruh cahaya matahari. Kekurangan cahaya matahari akan mengganggu proses fotosintesis dan pertumbuhan, meskipun kebutuhan cahaya tergantung pada jenis tumbuhan. Selain itu, kekurangan cahaya saat perkembangan berlangsung akan menimbulkan gejala etiolasi, dimana batang kecambah akan tumbuh lebih cepat namun lemah dan daunnya berukuran kecil, tipis dan berwarna pucat ( tidak hijau ). Semua ini terjadi dikarenakan tidak adanya cahaya sehingga dapat memaksimalkan fungsi auksin untuk penunjang sel – sel tumbuhan sebaliknya, tumbuhan yang tumbuh ditempat terang menyebabkan tumbuhan – tumbuhan tumbuh lebih lambat dengan kondisi relative pendek, daun berkembang, lebih lebar, lebih hijau, tampak lebih segar dan batang kecambah lebih kokoh.

Di samping itu juga faktor tanah yang menjadi media tanam bagi tumbuhan tersebut yang terdapat unsur haranya.

2. Pada gelas manakah kacang hijau tidak dapat tumbuh yang bagus, mengapa demikian?

Tumbuhan yang tidak dapat tumbuh dengan bagus adalah pada gelas A. Hal ini dikarenakan cahaya matahari yang menghambat hormone auksin pada tumbuhan. Hormone auksin adalah jaringan penghasil pada pada tunas apikal, daun muda embriu dakam sel merangsang perpanjangan sel batang dan merangsang pertumbuhan sel akar, diffrensiasi, perhubungan, dominasi tunas apikal, pekembangan bakal buah, fototropisme dan gravitropisme.

3. Menurut kelompok kalian lebih penting unsur hara, air, atau cahaya matahari yang dibutuhkan untuk fotosintesis?

Ketiga komponen tersebut sama pentingnya. Yang satu saling melengkapi satu sama lain. Hanya saja dari ketiga komponen tersebut komponen yang paling penting adalah cahaya. Cahaya merupakan faktor utama sebagai energi dalam fotosintesis, untuk menghasilkan energi. Kekurangan cahaya akan mengga nggu proses fotosintesis dan pertumbuhan, meskipun kebutuhan cahaya tergantung pada jenis tumbuhan. Kekuranagan cahaya pada saat pertumbuhan berlangsung akan menimbulkan gejala etiolasi, dimana dimana batang kecambah akan tumbuh lebih cepat namun lemah dan daunnya berukuran lebih kecil, tipis, pucat.

Pengaruh cahaya bukan hanya tergantung kepada fotosintesis (kuat penyinaran) saja, namun ada faktor lain yang terdapat pada cahaya, yaitu berkaitan dengan panjang gelombangnya. Penelitian yang dilakukan oleh Hendrick & Berthwick pada tahun 1984, menunjukan cahaya yang berpengaruh terhadap pertumbuhan adalah pada spectrum merah dengan panjang gelombang 660nm.

Percobaan dengan menggunakan spectrum infra merah dengan panjang gelombang 730nm meberikan pengaruh yang berlawanan. Substansi yang merspon spectrum cahaya adalah fitakram suatu protein warna pada tumbuhan yang mengandung susunan atom khusus yang mengabsorpsi cahaya.

Judul Kegiatan (3) : Tumbuhan menyimpan hasil fotosintesis sebagai makanan cadangan

Tujuan : Mahasiswa dapat menyimpulkan tumbuhan menyimpan hasil fotosintesis dalam bentuk karbohidrat berdasarkan hasil percobaan.

Alat dan Bahan :

1. Lembar alumunium foil

2. Isolasi

3. Spiritus

4. Lampu Bunsen

5. Pipet

6. Pinset

7. Gelas kimia

8. Alkohol 40%

9. Air

10. Tabung reaksi

11. Larutan lugol

12. Penjepit tabung reaksi

13. Gunting

Petunjuk Kegiatan : (Pada lembar kegiatan mahasiswa IV)

Pertanyaan:

1. Dimanakah tumbuhan menyimpan hasil fotosintesis?

Tumbuhan menyimpan hasil fotosintesis pada daun.

2. Digunakan untuk apa saja hasil fotosintesis itu?

Hasil fotosintesis pada daun digunakan untuk makanan pada tumbuhan dan proses keberlangsungan hidup tumbuhan dan makhluk hidup lainnya.

3. Dalam bentuk apa sajakah hasil fotosintesis disimpan sebagai makanan cadangan?

Hasil fotosintesis pada tumbuhan disimpan dalam bentuk amilum atau karbohidrat hal ini terlihat dari indicator penguji karbohidrat yaitu lugol.

4. Bagaimana perubahan warna pada bagian daun yang ditutup, mengapa demikian?

Warna daun yang ditutup oleh alumunium foil setelah ditetes lugol tidak mengalami perubahan warna. Hal ini disebabkan karena kertas karbon mempunyai sifat memantulkan cahaya matahari sehingga fotosintesis tidak dpat berlangsung. Hasil dari fotosintesis itu sendiri adalah amilum yang diindikasikan tidak mengalami perubahan warna pada daun setelah ditetesi lugol.

5. Bagaimana perubahan warna pada bagian daun yang tidak ditutup, mengapa demikian?

Pada daun yang tidak ditutup akan tampak bercak-bercak ungu kehitam-hitaman yang menandakan ada amilum. Karena proses fotosintesis akan berlangsung jika daun mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk menghasilkan amilum.

6. Menurut kamu apa yang akan terjadi dengan kehidupan hewan dan manusia jika tumbuhan tidak melakukan fotosintesis?

Proses fotosintesis adalah suatu proses metabolisme dalam tanaman untuk membentuk karbohidrat dengan memakai karbondioksida (CO2) dari udara dan air (H2O) dari dalam tanah dengan bantuan cahaya matahari dan klorofil serta menghasilkan amilum dan oksigen (O2). Tumbuhan memiliki keunikan yaitu bisa membuat makanan sendiri dengan cara fotosintesis. Hasil fotosintesis inilah yang menjadi sumber energy bagi manusia dan hewan karena energy matahari secara tidak langsung dapat dialirkan kepada hewan dan manusia yang mengkonsumsi tumbuhan tersebut. selain itu oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan merupakan hal terpenting dalam respirasi manusia dalam bernafas. Jadi, jika tumbuhan tidak melakukan fotosintesis maka ekosistem yang tidak seimbang serta manusia dan hewan akan mati.

0 komentar: