A. MENGANALISIS MAKANAN SEHAT

Makanan adalah unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tubuh dan setelah diserap akan menghasilkan energi yang berguna bagi kesehatan dan kelangsungan hidup.Jenis makanan sehat adalah makanan yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, mencakup karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan berbagai mineral penting seperti kalsium, zat besi, dan masih banyak lagi. Menu makanan sehat yang paling bagus adalah yang meliputi empat sehat lima sempurna, terdiri dari nasi, sayur, lauk pauk, buah, susu.

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis makanauna bagn sehat berdasarkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh

a. Karbohidrat

Karbohidrat adalah komponen yang penting bagi tubuh karena karbohidrat merupakan sumber energi yang dibutuhkan tubuh kita untuk bergerak dan melakukan aktivitas. Sumber makanan yang menghasilkan karbohidrat adalah :

1. Umbi-umbian : kentang, ubi jalar,talas .

2. Biji-bijian : jagung ,padi,gandum.

Penyakit akibat kelibahan/kekurangan karbohidrat adalah :

Kelebihan :

1. Kegemukan (obesitas)

2. Kelainan usus ,khusus untuk kelebihan gula murni /yang di murnikan .

Kekurangan :

1. Keracunan keton jika penggunaan lemak sebagai karbohidrat berlebih.

2. Menurunkan kadar kolesterol tubuh .

b. Protein

Protein merupakan zat makanan yang berfungsi untuk membangun tubuh dan memperbaiki jaringan dan sel yang rusak. Sebagai contoh, tubuhmu bertambah tinggi dan besar. Hal itu terjadi karena kamu mengonsumsi zat makanan yang mengandung protein

Contoh sumber protein nabati:

  • Kacang-kacangan dan bangsa polong-polongan (kacang tanah, kacang panjang, kedelai, kacang tunggak,kacang merah dll)

Contoh sumber protein hewani:

· Daging (sapi, kambing, ayam) ,Susu ,Ikan tawar dan ikan laut (tuna, teri, bandeng, dll)

Penyakit akibat kelibahan/kekurangan protein adalah :

Kelebihan :

Kegemukan ,jika terlalu berlebihan.

Kekurangan :

1. .Kwashiorkor ( hanya kurang protein ).

Gejala : pertumbuhan lambat,edema,atropi otot,pembesaran hati,perubahan pigmen rambut ( menjadi merah) dan kulit.

2.Marasmus (defenisi protein dan energy).Pada anak-anak terjadi jika dia diberi susu kaleng encer .Orang dewasa bisa juga menderita penyakit ini tetapi tidak parah.

Gejala : atropi otot, lapisan lemak subkutan hilang, pertumbuhan lambat.

c. Lemak

Lemak berfungsi sebagai sumber tenaga atau energi dan sebagai cadangan makanan. Lemak ada 2 macam, yaitu lemak hewani dan lemak nabati.

Lemak hewani adalah lemak yang dihasilkan hewan. Contoh lemak hewani adalah : daging, keju, minyak ikan, telur, dan mentega.

Lemak nabati adalah lemak yang bearasal dari tumbuh-tumbuhan. Contoh lemak nabati adalah kelapa, kacang tanah, dan margarin.

Penyakit akibat kelibahan lemak adalah :

Kelebihan :

· Akan menyebabkan penumbuhan lemak dalam jaringan adipose,kadar lemak darah tinggi kegemukan dan mudah kena penyakit diabetes ,darah tinggi ,kolesterol tinggi dan jantung koroner.

d. Vitamin

Vitamin merupakan zat makanan yang berguna untuk melancarkan semua proses yang terjadi di dalam tubuh. Kebanyakan vitamin tidak dapat dibuat di dalam tubuh. Vitamin dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. Vitamin ini bermacam-macam, yaitu vitamin A, B, C, D, E, dan K. Vitamin B dan C larut di dalam air, sedangkan vitamin A, D, E, dan K larut dalam lemak. Penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin disebut avitaminosis.

Bahan Makanan yang Mengandung Vitamin dan Kegunaannya

http://www.crayonpedia.org/wiki/images/7/71/Fungsi_AT_23.jpg

e. Mineral

Mineral diperlukan tubuh dalam jumlah yang sedikit. Fungsi mineral bagi tubuh adalah untuk melancarkan semua proses yang terjadi di dalam tubuh. Beberapa macam mineral yang diperlukan oleh tubuh, di antaranya kalsium, besi, fosfor, dan iodin.

a. Kalsium berfungsi sebagai pembentuk tulang dan gigi. Selain itu, kalsium membantu dalam pembekuan darah jika tubuh mengalami luka. Bahan makanan yang banyak mengandung kalsium adalah susu, ikan,dan roti.

b. Zat besi berfungsi sebagai pengikat oksigen di dalam darah. Jika kekurangan zat besi, tubuh kita akan mengalami anemia (kekurangan darah). Bahan makanan yang banyak mengandung zat besi adalah daging, roti, kuning telur, dan kacang-kacangan.

c. Fosfor berfungsi menjaga kesehatan serta kekuatan gigi dan gusi. Jika kekurangan fosfor dapat menyebabkan radang gusi dan kerusakan gigi. Fosfor terdapat dalam susu dan kuning telur.

d. Iodin berfungsi mencegah penyakit gondok. Kekurangan iodin dapat pula menyebabkan terhambatnya pertumbuhan dan cacat mental. Iodin terdapat dalam garam dapur beriodin, air minum, dan ikan laut.

f. Air

Air merupakan komponen yang sangat banyak dalam tubuh, hampir 3/4 dari berat tubuh manusia terdiri dari air. Fungsi air dalam tubuh adalah

  • Pelarut hasil pencernaan,
  • Pembawa zat makanan dari alat pencernaan ke sel-sel
  • Pembawa zat kotoran dari sel-sel ke ginjal.
  • Pengatur suhu tubuh.

Air di dalam tubuh dapat diperoleh melalui cairan yang diminum seperti minum, susu, sari buah dan sebagainya, melalui makanan seperti sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung air, seperti ketimun, labu siam, labu putih, semangka, jeruk, bengkoang dan banyak lagi serta melalui metabolisme dalam tubuh.

Kebutuhan air minimum seseorang setiap hari sekitar 6 sampai 8 gelas, namun hal tersebut sangat tergantung pada aktivitas serta suhu dimana orang tersebut berada.

B. KESEHATAN DAN PENYAKIT SERTA PENCEGAHANNYA

Penyakit adalah segala sesuatu yang menggangu atau menimbulkan masalah terhadap kesehatan atau kenormalan diri seseorang. Penyakit ada yang menular dan tidak menular . Pada umumnya penyakit yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan /individu merupakan penyakit menular. Sedangkan Penyakit keturunan tidak menular.

1. Berbagai penyakit menular yang ada di Indonesia.

a. Malaria

Malaria adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh sejenis protozoa dari kelas sporozoa , genus plasmodium .Ada empat spesies plasmodium yaitu plasmodium vivax, plasmodium malariae, plasmodium falciparum,dan plasmodium ovale. Plasmodium vivax menimbulkan malaria vivax, yaitu malaria tertian ringan . Plasmodium falciparum menimbulkan malaria teriana hebat. Plasmodium malariae menimbulkan malaria quartana .Penularan penyakit ini melalui gigitan nyamuk Anopheles betina .Penularan lainnya adalah melalui tranfusi darah ,plasenta ibu atau jarum suntik. Gangguannya adalah demam tinggi yang menimbulkan gangguan pada aliran darah ,otak ,ginjal dan hati.

Cara Pencegahannya:

1. Mengobati penderita dan orang yang dalam tubuhnya mengandung parasit malaria .

2. Memberantas sarangan nyamuk.

3. Mencegah gigitan nyamuk

b. Tetanus

Tetanus adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh clostridium tetani .Kuman tetatus didalam tanah.Penularan terjadi melalui luka terbuka .Untuk menghindari terjadinya tetanus dengan membersihkan dan mengeluarkan benda asing dari luka tersebut.Gejala awal penyakit ini adalah mulut terkancing karena kejang otot muka.

Cara pencegahannya:

a. Memberikan imunisasi

b. Merawat dan membersihkan luka serta membiarkan luka tetap terbuka .

2. Berbagai penyakit Menurun /Diwariskan

Penyakit yang diwariskan adalah penyakit kelainan yang muncul dipengaruhi oleh faktor genetic (keturunan ).penyakit tersebut adalah :

1. Hemofili

Hemofili adalah sejenis penyakit yang ditunjukkan dengan tidak dapatnya darah membeku jika seseorang mengalami lika atau pendarahan .

2. Diabetes Melitus

Diabetes mellitus adalah suatu kelainan yang ditandai dengan tingginya kadar gula di dalam darah

3. Hipertensi

Hipertensi adalah kelainan atau penyakit yang ditunjukkan dengan adanya tekanan darah yang tinggi dari pada keadaan normal.

C. PEDOMAN MENYUSUN MAKANAN SEHAT

Didalam menyusun makanan sehat bergizi yang memenuhi kebutuhan hendaklah memperhatikan hal-hal berikut :

i. Susunhan makanan yang di komsumsi memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan .

ii. Susunan makanan tersebut terdiri atas berbagai ragam jenis bahan makanan sehingga dapat mengandung semua zat yang diperlukan .

iii. Tidak Susunan makanan tersebut mengandung serat dan zat tepung yang cukup.

iv. Susunan makanan tersebut tidak memiliki kandungan lemak /gajih yang tinggi.

Contoh menu makanan sehat

No

Waktu Makan

Menu untuk hari

Senin

Selasa

Rabu

1

Pagi

1. Roti isi telur

2. Susu

3. Pisang

1. Nasi goreng

2. Ikan tongkol

3. Pisang

4. Teh manis

1. Nasi putih

2. Telur dadar

3. Teh manis

2

Siang

1. Nasi putih

2. Sayur bayam

3. Sawo

4. Air putih

1. Nasi putih

2.

3

Malam

1. Nasi putih

2. Ayam goreng

3.

D. SISTEM PENCERNAAN PADA TUBUH MANUSIA

Sistem pencernaan adalah proses pengubah zat makanan senyawa komplek dengan melibatkan alat pencernaan ,secara mekanik ataupun kimia menjadi senyawa sederhana yang dapat digunakan tubuh.

Alat Pencernaan Manusia, Makanan, dan Kesehatan

1. Alat Pencernaan Manusia

Proses pencernaan terdiri atas pencernaan secara mekanik dan pencernaan secara kimiawi.

a. Pencernaan secara mekanik'

Pencernaan mekanik terjadi di rongga mulut, yaitu penghancuran makanan oleh gigi yang dibantu lidah.

b. Pencernaan secara kimiawi '

Pencernaan kimiawi terjadi di dalam rongga mulut, usus, dan lambung dengan bantuan enzim. Enzim adalah suatu zat kimia yang membantu proses pencernaan.Proses pencernaan makanan dalam tubuh kita terjadi di dalam alat pencernaan. Pada gambar tersebut kamu dapat mengamati susunan alat pencernaan makanan pada manusia. Alat pencernaan pada manusia terdiri atas rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.

http://www.crayonpedia.org/wiki/images/5/52/Fungsi_AT_10.jpg

a. Rongga Mulut

Proses pencernaan pertama kali terjadi di dalam rongga mulut. Di dalam rongga mulut, makanan dikunyah dan dihancurkan oleh gigi, dibantu oleh lidah. Dalam rongga mulut juga ada enzim yang membantu pencernaan yaitu enzim amilase. Gigi manusia terdiri atas gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham. Bagian-bagian gigi dapat dilihat Gambar 1.9.

1. Gigi seri berbentuk pahat berfungsi untuk mencengkeram dan memotong makanan.

2. Gigi taring berbentuk lancip dan runcing, berfungsi untuk menusuk dan mengoyak makanan.

3. Gigi geraham berbentuk rata bergerigi, berfungsi untuk mengunyah makanan.

http://www.crayonpedia.org/wiki/images/5/53/Fungsi_AT_11.jpg

Gigi terdiri atas tiga bagian, yaitu mahkota gigi, leher gigi, dan akar gigi. Bagian paling luar mahkota gigi dilapisi oleh email. Di bagian dalam mahkota gigi terdapat tulang gigi dan pulpa. Di dalam pulpa terdapat banyak pembuluh darah dan saraf. Bagian akar gigi tertanam dalam tulang rahang yang ditutupi oleh gusi. Jumlah gigi anak-anak dan gigi orang dewasa berbeda. Pada anak-anak, gigi berjumlah 20 buah yang terdiri atas 8 gigi seri, 4 gigi taring, dan 8 gigi geraham. Gigi orang dewasa berjumlah 32. Masingmasing 8 gigi seri, 4 gigi taring, dan 20 gigi geraham. Perhatikan Gambar 1.10.

http://www.crayonpedia.org/wiki/images/b/bd/Fungsi_AT_12.jpg

Lidah juga membantu pencernaan makanan di dalam mulut. Dengan adanya lidah, kita dapat mengecap rasa manis, asin, asam, dan pahit. Lidah berfungsi dalam membantu proses menelan dan pencampuran makanan dalam mulut. Mengapa ketika kamu mengunyah nasi, lamakelamaan akan terasa manis? Di dalam mulut terdapat enzim untuk membantu pencernaan. Enzim tersebut dihasilkan oleh kelenjar ludah. Enzimnya disebut amilase. Enzim amilase berfungsi untuk mengubah zat tepung (amilum) menjadi zat gula.

b. Kerongkongan

Setelah dicerna di dalam mulut, makanan akan masuk ke dalam kerongkongan.Makanan didorong oleh otot kerongkongan menuju lambung. Gerakan otot ini disebut gerak peristaltik. Gerak peristaltik inilah yang menyebabkan makanan terdorong hingga masuk ke lambung.

http://www.crayonpedia.org/wiki/images/8/81/Fungsi_AT_13.jpg

Di pangkal leher, terdapat dua saluran, yaitu batang tenggorok dan kerongkongan. Batang tenggorok merupakan saluran pernapasan, sedangkan kerongkongan merupakan saluran makanan. Kedua saluran ini dipisahkan oleh sebuah katup. Jika kamu sedang makan, katup akan menutup. Ketika kamu bernapas, katup akan terbuka. Oleh karena itu, sebaiknya kamu jangan berbicara ketika sedang makan. Jika kamu berbicara ketika makan, saluran pernapasan terbuka. Apabila makanan masuk ke tenggorokan, kamu dapat tersedak.

c. Lambung

Dari kerongkongan, makanan masuk ke lambung. Di dalam lambung, makanan dicerna secara kimiawi dengan bantuan enzim yang disebut pepsin. Pepsin berperan mengubah protein menjadi pepton. Di dalam lambung terdapat asam klorida yang menyebabkan lambung menjadi asam. Asam klorida dihasilkan oleh dinding lambung. Asam klorida berfungsi untuk membunuh kuman penyakit dan mengaktifkan pepsin.

Ketika proses pencernaan terjadi di lambung, otot-otot dinding lambung berkontraksi. Hal tersebut menyebabkan makanan akan tercampur dan teraduk dengan enzim serta asam klorida. Secara bertahap, makanan akan menjadi berbentuk bubur. Kemudian, makanan yang telah mengalami pencernaan akan bergerak sedikit demi sedikit ke dalam usus halus.

http://www.crayonpedia.org/wiki/images/f/f4/Fungsi_AT_14.jpg

d. Usus Halus

Usus halus merupakan tempat pencernaan dan penyerapan nutrisi. Usus halus terbagi menjadi 3 bagian, yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerap. Di dalam usus halus terdapat dua proses pencernaan, yaitu pencernaan secara kimiawi dan proses penyerapan sari makanan. Di dalam usus dua belas jari, terjadi pencernaan makanan dengan bantuan getah pankreas. Getah pankreas dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Getah pankreas mengandung enzim-enzim, seperti enzim amilase, enzim tripsin, dan enzim lipase. Dari Gambar 1.13, dapatkah kamu menunjukkan bagian kelenjar pankreas?

http://www.crayonpedia.org/wiki/images/c/c6/Fungsi_AT_15.jpg

Usus kosong terdapat di antara usus dua belas jari dan usus penyerapan. Di dalam usus kosong terjadi pula proses pencernaan secara kimiawi. Usus kosong memiliki dinding yang dapat menghasilkan getah pencernaan. Usus penyerapan adalah tempat penyerapan sari-sari makanan. Sari makanan adalah makanan yang telah dicerna secara sempurna. Di dalam usus penyerapan terdapat bagian yang di sebut vili. Vili banyak mengandung pembuluh darah. Vili inilah yang dapat menyerap sari-sari makanan.

e. Usus Besar

Setelah melewati usus halus, sisa makanan masuk ke usus besar. Usus besar terbagi atas usus besar naik, usus besar melintang, dan usus besar turun.

http://www.crayonpedia.org/wiki/images/b/ba/Fungsi_AT_16.jpg

Di dalam usus besar, sisa makanan mengalami pembusukan. Pembusukan ini dibantu oleh bakteri Escherichia coli. Air dan garam mineral dari sisa makanan tersebut, akan diserap oleh usus kembali. Setelah itu, sisa makanan dikeluarkan melalui anus dalam bentuk tinja (feses).

0 komentar: