RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan

Mata Pelajaran

:

:

Sekolah Dasar

Pembelajaran Sastra Indonesia

Pokok Bahasan

Fokus

Tema

:

:

:

Puisi

Membaca

Diri Sendiri

Kelas/Semester

:

II/1

Alokasi Waktu

:

2 x 35 menit





A. Standar Kompetensi

Membaca

3. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.

B. Kompetensi Dasar

Membaca

3.2 Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.

C. Indikator

Kognitif Produk

· Menjelaskan isi puisi yang dibaca

· Menentukan sinonim atas kata yang dipakai dalam puisi

Kognitif Proses

· Menjawab pertanyaan berkaitan dengan teks puisi

· Membaca teks puisi

Psikomotor

· Membacakan puisi yang telah dibuat dengan ekspresif

Afektif

1. Mengembangkan perilaku karakter, meliputi:

· Bekerja sama dengan baik

· Menjadi ketua/anggota yang santun dan berempati ketika kerja kelompok.

· Mengerti dan menghargai pendapat orang lain

· Melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.

2. Mengembangkan keterampilan sosial

· Mampu berkomunikasi secara lisan

· Mampu berkomunikasi secara tertulis

D. Tujuan Pembelajaran

1. Kognitif

a. Produk

· Melalui kegiatan membaca teks puisi yang ditempel di depan kelas, siswa dapat menjelaskan bacaan puisi sesuai dengan isi puisi tersebut.

· Melalui kata-kata dalam puisi, siswa dapat menentukan 4 sinonim dari kata-kata tersebut.

b. Proses

· Melalui kegiatan mendengarkan pembacaan teks puisi, siswa dapat menjawab minimal 3 pertanyaan yang berkenaan dengan isi puisi.

· Dengan media teks puisi, siswa dapat membaca teks puisi dengan ekspresi yang sesuai.

2. Psikomotor

· Dengan diberikan teks puisi siswa mampu membacakan puisi dengan ekspresif

3. Afektif

1. Mengembangkan perilaku karakter, meliputi:

· Mampu menjadi teman kerja yang menyenangkan ketika kerja berkelompok

· Mampu menjadi ketua/anggota yang santun dan berempati

· Mampu untuk saling mengerti dan menghargai pendapat orang lain

· Mampu melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.

2. Mengembangkan keterampilan sosial

· Mampu berkomunikasi secara lisan dengan menggunakan dengan bahasa yang baik dan benar.

· Mampu berkomunikasi secara tertulis.

D. Materi Ajar


F. Pendekatan dan Metode Pembelajaran

1. Pendekatan:

- Pendekatan Komunikatif,

- Pendekatan Whole Language,

2. Metode : ceramah, demonstrasi, tanya jawab, dan penugasan.

G. Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Awal (± 10 menit)

1) Guru mengkondisikan kelas dengan mengabsensi,berdoa, dan lain-lain.

2) Guru melakukan apersepsi:

Pembelajaran diawali dengan tanya jawab tentang puisi.

3) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti (± 45 menit)

1) Guru memberikan soal-soal yang akan ditanyakan kepada siswa sebelum memperdengarkan teks puisi

2) Guru memperdengarkan teks puisi kepada siswa,

3) Siswa menjawab soal-soal yang telah diberikan berdasarkan teks puisi yang telah didengarkan,

4) Guru memberikan umpan balik terhadap soal-soal tersebut,

5) Beberapa orang siswa maju untuk membacakan puisi “Banjir” dengan ekspresi yang sesuai

6) Guru mendaftarkan kata-kata yang terdapat dalam puisi

7) Siswa menentukan sinonim dari kata-kata sulit tersebut,

8) Guru menjelaskan cara menjelaskan isi puisi,

9) Guru menampilkan media berupa teks puisi di depan kelas,

10) Siswa menjelaskan isi puisi tersebut.

3. Kegiatan Akhir (± 15 menit)

1) Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

2) Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa bagaiman perasaaan siswa belajar hari ini.

3) Guru mengumpulkan tugas siswa dan menilainya.

4) Tindak lanjut.

H. Sumber Pembelajaran

1. Sumber Belajar

- Suyatno, dkk. 2008. Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

- Ismoyo, Romiyatun. 2007. Aku bangga Bahasa Indonesia 2: Sekolah Dasar kelas 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

- Cetakan LKS.

2. Media Pembelajaran

- Naskah puisi dalam kertas karton.

- Potocopi naskah puisi.

I. Penilaian

A. Teknik Penilaian . Teknik penilaian yang digunakan pada pembelajaran ini adalah proses dan di akhir pembelajaran (produk).

a. Tes

b. Unjuk kerja

B. Bentuk Instrumen. Bentuk penilaiannya melalui pengamatan proses dan produk.

a. Tes menjelaskan puisi anak.

b. Ceklis unjuk kerja

c. Soal:

- Coba gantilah kata yang bercetak tebal dengan kata yang artinya sama. Pilihlah kata-kata yang ada di sampingnya.

- Menurutmu, puisi tersebut bercerita tentang apa?

Mengetahui; Bengkulu, Desember 2011

Kepala SD Guru Kelas II

Gita Meylinda Sari

Lampiran 1

LEMBAR KERJA SISWA

bacalah puisi berikut ini

menurutmu puisi tersebut bercerita tentang apa

Lampiran 2

KUNCI JAWABAN LKS

a. jawaban mencocokkan kata yang sesuai dengan sinonim.

· tiba = datang

· menuntut = mencari

· jangan = tidak boleh

· mulia = berharga

· cerdas = pandai

b. Menjelaskan puisi sesuai dengan kreatifitas siswa.

LAMPIRAN 4

No

Nama Siswa

Aspek yang Dinilai

Jumlah

N.A

Kerja- sama

Tanggung Jawab

Ketepatan

Keaktifan

1








2








3








4








5








6








7








dst








LEMBAR PENILAIAN PROSES

Keterangan:

Berikan nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan skor 0 (minimal)

Nilai 4 jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas/sering.

Nilai 3 jika muncul namun tidak sering.

Nilai 2 jika muncul tetapi beberapa kali, jarang, atau kadang-kadang saja.

Nilai 1 jika muncul namun sedikit sekali.

Nilai 0 jika indikator tidak pernah muncul.

NA (Nilai Akhir) = Jumlah x 5

Lampiran 5

LEMBAR PENGAMATAN PERILAKU BERKARAKTER

Petunjuk untuk guru: Amatilah ketika siswa melakukan diskusi lalu berilah tanda contreng (a) pada setiap aspek yang muncul!

NO

Nama Siswa

Aspek Pengamatan Kerja Sama

Skor

Nilai Akhir

A

B

C

D

E

F

1










2










3










4










5










6










Dst










Keterangan:

A = Mampu member bantuan kepada semua anggota

B = Mampu menjadi teman kerja yang menyenangkan

C = Mampu menjadi ketua/anggota diskusi yang santun danberempati

D = Mampu untuk saling mengerti dan menghargai

E = Mampu melaksanakan tugas dengan baik


Lampiran 6

LEMBAR PENGAMATAN KETERAPILAN SOSIAL

Petunjuk untuk guru:

Amatilah saat siswa melakukan komunikasi secara lisan baik dengan teman maupun dengan guru ketika berdiskusi dan selama proses pembelajaran

No

Nama Siswa

Aspek yang Diamati

Skor

Kebahasaan

Non Kebahasaan

1

2

3

4

1

2

3

4

1











3











4











dst











Aspek Komunikasi:

A. Kebahasaan

1.Menggunakan lafal dan intonasi yang tepat

2. Memilih kata yang tepat dan sesuai

3. Menggunakan kalimat yang benar dan efektif

4. Memberikan penjelasan yang sistematis dan logis

B. Aspek Nonkebahasaan

1. Mendengarkan dan memperhatikan lawan bicara

2.Tidak memotong pembicaraan dan menanggapi pembicaraan setelah dipersilakan

3. Tidak berbicara ketika orang lain sedang berbicara

4. Bersikap sopan dan menunjukkan perhatian kepada lawan bicara

0 komentar: